Mengenal Burung Cililin

Burung Cililin adalah burung dengan sifat yang  angkuh dan juga gampang emosi. Burung ini sepertinya sangat tidak suka dengan burung bersuara keras yang melebihi suaranya itu terbukti jika ada burung lain yang bersuara keras burung ini langsung mengamuk dengan mengeluarkan suara sekeras-kerasnya, kedengarannya memang bagus tapi hal ini bisa berakibat fatal bagi burung di sekitarnya. Suaranya memang terbilang dahsyat selain panjang suaranya begitu melengking sehingga memekakan telinga. Dalam pemeliharaan burung ini perlu diperhatikan dan perlu pertimbangkan khusus apalagi bagi penghobi burung yang tidak banyak waktu dirumah, itu disebabkan sifat buruknya yang yang dalam kesehariannya sangat rakus dan suka memakan serangga dalam jumlah yang besar.

Burung dengan nama latin Platylophus galericulatus ini diketahui ada tiga jenis, yaitu berasal dari Sumbawa, Sumatera dan yang satu lagi dari banyuwangi. Perbedaan dari ketiga burung ini secara fisik tidak berbeda jauh, kita dapat membedakannya dengan melihat warna pada bulunya yang berbeda. Ciri-ciri fisiknya adalah memiliki postur tubuh yang besar, terdapat jambul pada bagian kepalanya dengan tengkuk berwarna putih kombinasi hitam, ekor panjang dan agak lebar dan warna tubuhnya tergantung dari daerah asalnya. Masing-masing warna tersebut adalah warna coklat berasal dari Sumatera dan Sumbawa sedangkan warna hitam dari banyuwangi.

Dari masing-masing jenis ini memiliki keistimewaan tersendiri seperti cililin warna coklat yang mempunyai suara melengking, panjang namun halus sehingga mudah ditirukan oleh berbagai macam jenis burung. Berbeda dengan suara cililin warna hitam yang cenderung pendek dan kasar bisanya hanya digunakan untuk master tipe burung dengan suara keras seperti kacer dan murai. Banyak penghobi menilai lebih menyui burung cililin dengan warna coklat karena suaranya ngerol panjang dan cocok untuk memaster burung seperti cucak hijau, cendet dan lainnya.

Habitat asli burung ini adalah hutan tropis, makanan kegemarannya di alam bebas berupa serangga seperti jangkrik, ulat, belalang dan lainnya. Burung ini sangat mudah dikenali melalui suaranya yang keras dan khas yang berbunyi cililit..lit..lit.. kualitas suara burung cililin tidak lepas dari faktor fisik dan kehidupan di alamnya. Dilihat pada tempat tinggalnya yang berada jauh dari pemukiman penduduk dan berada dalam hutan sehingga keluarlah suara yang nyaring. Semakin banyaknya diadakan perlombaan burung-burung kicauan menyebabkan burung ini banyak dicari untuk dijadikan master burung-burung yang akan dilombakan. Hal inilah yang menyebabkan harga burung ini menjadi naik.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Burung Cililin"

Post a Comment