Membasmi Jamur pada Kaki Burung

Membasmi Jamur pada Kaki Burung

Mungkin kita pernah mempunyai burung yang pada kakinya terdapat jamur, penyakit ini juga sangat mempengaruhi kondisi burung. Salah satu penyebab penyakit ini adalah kurangnya perhatian terhadap kebersihan burung dan sangkarnya. Kebanyakan penghobi burung pemula tidak terlalu memperhatikan kebersihan kandang khususnya angkringan (tempat kaki burung mencengkram) dan terkesan menganggap remeh, tapi kalau kita tau betapa pentingnya menjaga kebersihan angkringan pasti akan benar-benar dijaga kebersihannya. 

Pada angkringan biasanya terdapat kotoran burung yang masih basah ataupun sudah kering. Kotoran burung tersebut akan menghasilkan jamur-jamur yang lama kelamaan menempel pada kaki burung peliharaan yang membuat burung menjadi sakit dan lainnya. Itu tidak akan terjadi jika penghobi burung merawat burungnya dengan benar. Dapat dengan cara memperhatikan kebersihan kandang pada saat burung dimandikan atau melepaskan angkringan dan mencuci bersih ketika burung sudah masuk dalam keramba tempatnya mandi. Kebersihan seperti ini harus dilakukan perawat burung secara rutin supaya tidak timbul jamur-jamur yang mengganggu kesehatan burung dan ketika kaki burung mengalami penyakit jamur ada beberapa hal yang perlu disiapkan dan cara mengatasinya sebagai berikut :

1. Burung yang terdapat jamur pada kakinya kita pegang lalu cuci dengan air hangat dengan memperhatikan kebersihannya dan harus benar-benar bersih!

2. Oleskan minyak tanah sampai sampai rata dan minyak mengering, setelah kering olesi kaki burung dengan Salep 88 pada seluruh kaki burung yang terkena jamur.

3. Setelah pengolesan berhasil burung jangan dimandikan selama dua hari, setelah dua hari  burung tidak mandi kemudian olesi kembali kaki burung dengan minyak tanah kemudian setelah kering cuci dengan air hangat.

4. Cara ini kita lakukan satu minggu sekali selama tiga minggu. Ketika cara ini kita lakukan secara rutin dalam waktu tiga minggu jamur pada kaki burung akan mengering dan terkelupas sendiri. 

Tentunya cara ini hanya berlaku untuk pengobatan, alangkah baiknya penghobi burung selalu memperhatikan kebersihan burung, kandang dan juga angkringannya untuk mencegah terjadinya penyakit jamur pada kaki burung. “mencegah lebih baik dari pada mengobati”. 

Semoga artikel di atas tentang Tips Membasmi Jamur pada Kaki Burung dapat bermanfaat dan mengembalikan tampilan serta performa burung kita menjadi 100%. Semoga berhasil.

Jika dari temen-temen berkenan dapat mengisi kolom komentar dibawah ini, kami mengharap kritik dan saran dari temen-temen semua. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membasmi Jamur pada Kaki Burung"

Post a Comment