Burung Madu Kelapa

 Burung Madu Kelapa Sikecil Nan Galak

Burung madu kelapa adalah burung yang suka mencari makan di daerah perkebunan kelapa, taman terbuka, tepi pantai dan rawa bakau. Burung ini mempunyai gerakan yang lincah hal ini diperlukan untuk menunjang kegiatannya sehari-hari dalam rangka mencari makan. Burung madu kelapa makanan utama di habitatnya adalah nectar bunga, ulat, laba-laba dan buah-buahan yang lunak. Berkembang biak dengan bertelur dua butir yang diletakan di dalam sarangnya, burung ini berkembangbiak sepanjang tahun dan bentuk sarangnya menggantung berbentuk kantung yang dibuat dengan serat rumput yang dijalin dengan sarang laba-laba serta dilapisi dengan kapas rumput.

Burung madu kelapa (Anthreptes Malacensis) berukuran 13 cm dan penyebarannya di Indonesia meliputi Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali dan Nusa tenggara. Burung ini mempunyai suara yang bagus dengan siulan nada tinggi dan irama yang sederhana semakin terdengar merdu. Burung ini juga termasuk salah satu burung fighter (petarung), jika ada burung madu lain yang masuk kedalam wilayah teritorialnya dalam mencari makan, maka burung ini akan bertingkah laku galak dan akan mengusir sang pendatang tersebut. 

Untuk membedakan jenis kelamin burung madu kelapa termasuk mudah sebagai berikut :

Burung madu kelapa jantan

1. Atas kepala dan bagian punggungnya biru hijau pelangi berkilau, sayap, ekor, tungging dan pipi bergaris ungu berwarna seperti pelangi.

2. Dada berwarna coklat dan perut berwarna kuning.

3. Paruh dan kaki berwarna hitam sedangkan iris mata berwarna merah.

Burung madu kelapa betina

1. Berwarna coklat zaitun pada bagian atasnya.

2. Warna kuning pucat pada bagian bawahnya.

Semoga artikel di atas tentang Burung Madu Kelapa Sikecil Nan Galak dapat bermanfaat. Jika dari temen-temen berkenan dapat mengisi kolom komentar dibawah ini, kami mengharap kritik dan saran dari temen-temen semua. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Burung Madu Kelapa "

Post a Comment