Permasalaahan Kecepatan, Waktu Tempuh dan Jarah serta Pemecahannya
Pada saat
belajar matematika, siswa diharapkan akan belajar tentang hal-hal yang
berkaitan dengan penalaran, yaitu alasan-alasan yang logis yang dapat diterima
oleh akal (Fajar Shadiq 200:1). Kemampuan bernalar yang ada pada manusia pada
umumnya dan peserta didik ditingkat sekolah dasar pada khususnya perlu mendapat
perhatian.
Di bawah ini
sedikit gambaran tentang Kemapuan Bernalar pada materi Permasalahan Kecepatan, Waktu Tempuh dan Jarak
serta Pemecahannya.
Materi ini
merupakan salah satu materi yang akan di UN kan pada ujian nasional tingkat
SD/MI pada tahun ajaran 2012/2013 ini.
Hubungan Kecepatan, Waktu dan Jarak
Ada tiga hal
yang harus dipahami dalam pembelajaran kali ini, yaitu Kecepatan, Jarak dan
Waktu.
Ilustrasi: Rumah Andi dengan Sekolahnya berjarak 500 m. Untuk sampai ke sekolah ia membutuhkan waktu
10 menit.
a)
Apabila ia ingin sampai di sekolah tepat pukul
07.00, maka ia harus berangkat dari rumah pukul ......
b)
Apabila jam masuk sekolah Andi pukul 07.15, maka
ia berangkat dari rumah pukul...
c)
Apakah
Andi terlambat ke sekolah bila ia berangkat pukul 07.10.
Andi Pasti terlambat karena ia
membuthkan waktu 10 menit. Kalau dari rumah jam 07.10 maka ia akan sampai di
sekolah jam 07.20. maka ia terlambat 5 menit.
Adakah cara agar Andi tidak terlambat
bila dari rumah jam menunjukan 07.10 padahal jam masuk pukul 07.15 ? artinya
dalam waktu 5 menit ia harus sampai di sekolah. Bisakah Andi dalam waktu 5
menit sampai di sekolah?
Apa yang harus dilakukan Andi?
1.
Memindahkan rumahnya jadi lebih dekat dengan
sekolah agar dalam 5 menit sampai disekolah
2.
Berangkat dari rumah setidaknya 10.00 menit
sebelum jam pertama masuk
3.
Ia harus mempercepat jalannya agar samapi
disekolah dalam waktu 5 menit atau bahkan kurang.
Tentu
hal yang masuk akal dilakukan oleh Andi adalah pilihan nomor 2 dan 3.
·
Bila berjalan santai ia membutuhkan 10 menit
sampai disekolah
·
Agar sampai di sekolah dalam waktu 5 menit maka ia jalannya dipercepat!
Dipercepat
ini lah yang disebut dengan Kecepatan
Kita kembali
ke ilustrai di atas
KECEPATAN
1.
Rumah Andi dengan Sekolahnya berjarak 500 m. Untuk sampai ke sekolah ia membutuhkan waktu
10 menit. Berapa Kecepatannya?
2.
Rumah Andi dengan Sekolahnya berjarak 500 m. Untuk sampai ke sekolah ia membutuhkan waktu 5 menit. Berapa kecepatannya?
JARAK
1.
Andi berjalan ke sekolah membutuhkan waktu 10
menit, dengan kecepatan 50m/menit. Berapa
jarak rumah Andi ke sekolahnya
2.
Andi berjalan ke sekolah membutuhkan waktu 5
menit, dengan kecepatan 100m/menit. Berapa jarak rumah Andi ke Sekolahnya?
WAKTU
1.
Jarak rumah Andi ke Sekolahnya adalah 500m, ia
berjalan dengan kecepatan 100m/menit. Bila ia dari rumah pukul 07.00 , jam
berapa Andi sampai di Sekolah
2.
Jarak rumah Andi ke sekolahnya adalah 500 m, ia
berjalan dengan kecepatan 50 m/menit.
Jika ia sampai di sekolah
pukul 07.10 pukul berapa ia berangkat dari rumah?
Soal diatas
dapat dikerjakan dengan cara di bawah ini!
Dengan Penalaran
500 meter
|
|||||||||
1 menit
|
2 menit
|
3 menit
|
4 menit
|
5 menit
|
6 menit
|
7 menit
|
8 menit
|
9 menit
|
10 menit
|
1 menit
|
2 menit
|
3 menit
|
4 menit
|
5 menit
|
Dengan
Rumus
Kecepatan = Jarak : waktu
Jarak = Kecepatan x waktu
waktu = jarak : kecepatan
Agar kemampuan siswa mengenai materi Kecepatan , Jarak dan
Waktu bertambah tentunya, harus banyak mengerjakan soal-soal dengan berbagai
variasi yang berkaitan dengan materi
tersebut.
0 Response to "Permasalaahan Kecepatan, Waktu Tempuh dan Jarah serta Pemecahannya"
Post a Comment