blog berisi artikel pendidikan, kesehatan, agama, komputer,otomotif, seni, sains

Penyakit yang Menyerang Tulang

Meskipun tulang ini keras, tetapi banyak juga penyakit yang dapat menyerang tulang. Mineral utama penyusun tulang adalah kalsium. Jika kekurangan kalsium, maka tulang kita tidak kuat dan sering mendapatkan gangguan.
Selanjutnya, kita akan membahas beberapa penyakit yang menyerang tulang.
1. Osteoporosis
Osteoporosis adalah pengeroposan pada tulang. Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan kalsium dan vitamin D. Osteoporosis ditandai dengan tulang menjadi mudah retak atau patah. Osteoporosis biasanya dialami oleh orang lanjut usia. Untuk mencegah os- teoporosis, orang perlu memakan makanan yang banyak mengandung vitamin D  dan kalsium sejak dini.
2. TBC Tulang
Penyakit ini ditandai dengan keluarnya nanah dari tulang kita. Selain itu, penderita juga mengalami rasa sakit yang luar biasa. TBC tulang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis Untuk mencegah penyakit ini, kita harus tinggal di tempat yang bersih, tidak lembap, dan cukup sinar matahari.
3. Rematik
Penyakit ini menyebabkan rasa nyeri pada persendian. Rasa nyeri ini  terutama dirasakan pada pergelangan tangan, kaki, dan siku.
4. Rakitis
Rakitis adalah penyakit karena kekurangan vitamin D atau kekurangan sinar ultraviolet dari matahari pagi. Penyakit ini biasanya dialami oleh anak-anak. Penderita rakitis mengalami pembentukan tulang yang tidak sempurna Tulang-tulang pada tubuh kita harus kita jaga dengan baik. Agar rangka tubuh
kita tetap berfungsi dengan baik. Upaya yang bisa dilakukan untuk merawat rangka tubuh kita, yaitu:
•membiasakan untuk duduk dengan sikap yang benar;
•memakan makanan yang bergizi cukup dan seimbang;
•melakukan olahraga secara teratur;
•berjemur untuk mendapatkan sinar matahari pagi karena baik  untuk pertumbuhan tulang
Tag : KESEHATAN
0 Komentar untuk "Penyakit yang Menyerang Tulang"

Back To Top