Burung Kakaktua

Burung kakatua secara nasional dilindungi dengan berbagai perundangan yang berlaku. Namun karena fungsinya yang memberikan missi pelestarian untuk satwa dan floranya, umumnya kakatua dipelihara dan ditangkarkan di area konservasiseperti di kebun binatang atau taman satwa lainnya.
Untuk memelihara kakatua baik untuk peragaan dan juga penangkaran, maka beberapa syarat itu harus dipenuhi. Seperti sangkar yang cukup luas, aman kebersihan yang selalu terjaga dan kesehatannya juga terpenuhi. Tersedianya air minum yang bersih sehat dan terpenuhi perlu selalu tercukupi.
Setelah persyaratan itu terpenuhi, maka ketersediaan makanan yang sehat dan bergizi serta jumlahnya tercukupi. Itu artinya kebutuhan untuk pertumbuhan kakatua secara normal dapat terwujud.
Kakatua bukan merupakan burung yang suka menolak berbagai jenis makanan yang diberikan kepadanya. Di kebun binatang burung kakatua dapat diberikan pellet khusus, pellet demikian diberbagai negara merupakan jenis makanan yang bergizi dan pellet yang butirannya besar bisanya itulah yang dipilih. Tetapi pellet merupakan makanan yang bukan dianjurkan karena kemungkinan kakatua akan bosan dan tidak mau memakannyaBuah-buahan dan sayuran hendaknya menjadi makanan utama yang harus diberikan. dengan perbandingan 40 makanan kering seperti pellet dan kue atau roti. Sedang 60% buah-buahan dan sayuran. Buah-buahan yang diberikan dapat berupa buah chery, arange, melon, pear, apel dan lainnya.
Tetapi kakatua jangan sampai diberikan makanan yang mengandung avokat, cokelat, kopi dan alkohol karena akan bersifat beracun.
Makanan ringan yang mengandung garam, minyak, lemak, atau gula dapat diberikan dalam jumlah terbatas. Makanan sehari-hari harus terkontrol dan makanan rendah gula dapat diberikan setiap hari, dapat berupa minuman ataupun buburseperti yoghurt, milk, dan lainnya. kadang daging juga dapat diberikan dalam jumlah yang terbatas contohnya telur atau daging ayam sangat bagus buat kakatua.
Kakatua setiap harinya perlu diberikan sayuran seperti wortel, jagung, daun sledri, brokoli dan berbagai jenis sayuran yang memang banyak dijumpai disekitar tempat tinggal kita.

Semoga artikel di atas dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Burung Kakaktua"

Post a Comment