Buat Soal Online di WA, Begini Caranya

Membuat Soal Online dengan Whats App


Membuat soal online untuk saat ini, cukup mudah. Banyak aplikasi atau platform gratis yang dapat kita manfaatkan untuk membuat soal online, dari yang berbayar sampai yang gratis. 

Whats App yang biasa kita gunakan untuk pesan, panggilan vidio ternyata biasa kita gunakan sebagai media membuat soal online. Kelebihan jika menggunakan WA untuk membuat soal online adalah hampir semua pengguna  ponsel sekarang memiliki WA, sehingga tidak perlu instal apliksai sana sini. Dengan berbekal WA yang dimiliki, anak-anak dapat mengerjakan soal online yang sudah dibuat oleh bapak/ibu guru. 

Tertatik mencoba membuat soal online dengan WA? Berikut kami sampaikan langkah-langknya :
Jika kita ingin mencoba membuat soal online dengan WA, kita perlu menggunakan aplikasi tambahan, yaitu :
  • Google Spreadsheet
  • WhatsAuto 
Kok Rumit???
Tidak juga, cukup mudah kok untuk membuat soal online dengan WA dengan dua aplikasi tersebut.
Dalam hal ini,WA fungsinya adalah untuk menampilkan soal, mengerjakan soal dan mengirim hasil pengerjaan soal yang sudah di buat. Kemudian soalnya di buat di mana?? Soal kita tulis di Google Spreadsheet,Inilah fungsi dari Google Spreadsheet mengapa kita perlu menggunakan aplikasi dari google ini. WA dan Google Spreadsheet itu kan dua platform yang berbeda, maka perlu menghubungkan keduanya, dan tugasnya diselesaikan oleh WhatsAuto. WhatsAuto cukup kita unduh di playstore.

Membuat soal di Google Spreadsheet

Sekarang kita buat soal terlebih dahulu di Google Spreadsheet. (di akhir postingan ada link untuk membuka dan mengunduh contoh soal yang dibuat di google spreadsheet)


  1. Buka Google Spreadsheet, bisa lewat PC/laptop atau juga bisa lewat ponsel. Sebaiknya kita gunakan laptop. 
  2. Untuk menggunakan Spreadsheet harus terhubung dengan internet.
  3. Ketik Google Spreadsheet di pencarian Google Crome atau web lainnya, login dengan akun Gmail, cara lain, masuk lewat Google Drive. 
  4. Setelah terbuka, akan kita liat tampilan kotak kotak. 
  5. Yang digunakan hanya dua kolom, Kolom A dan Kolom B
  6. Kolom A berisi pesan masuk, Sedangkan Kolom B berisi balasan otomatis. 
  7. Kolom A baris kedua kita tulis,saya gunakan kata " ujian" boleh dengan kata lain.
  8. Samping kanan adalah kolom B kita tulis, " Hari ini adalah ulangan kelas III, ketik " mulai" untuk memulai ujian" boleh dengan redaksi lain. 
  9. Maksud dari keterangan no 6 dan 7 adalah, peserta didik, akan menulis kata  UJIAN maka secara otomatis mendapat balasan " Hari ini adalah ulangan kelas III, ketik : MULAI untuk memulai ujian" 
  10. Di kolom A baris ketiga kita tulis MULAI kemudian pada kolom B kita tulis petunjuk soal' Ulangan  mata pelajaran IPS ada 4 soal. Kerjakan secara urut ! dari nomor 1-5 !Untuk memunculkan soal ketik no soal misal 1, lalu  tekan tombol kirim, nanti akan muncul soal nomer satuBaca soal dengan teliti ! Untuk menjawab ketik nomor soal dan opsi yang menurut kamu benar. Contoh: 1bSetelah mengetik 1b jangan lupa tekan tombol kirim !otomatis ada balasan apakah jawaban kamu benar atau salah. Oke nomor satu selesaikerjakan nomor dua dan seterusnya sesuai langkah-langkah yang sudah dijalaskan sebelumnya!SELAMAT MENGERJAKAN !

  11. Maksud dari keterangan no 9 adalah: saat siswa mengetik dan mengirim kata MULAI, maka secara otomatis mendapat balasan " Ulangan  mata pelajaran IPS ada 4 soal. Kerjakan secara urut ! dari nomor 1-5 !Untuk memunculkan soal ketik no soal misal 1, lalu  tekan tombol kirim, nanti akan muncul soal nomer satuBaca soal dengan teliti ! Untuk menjawab ketik nomor soal dan opsi yang menurut kamu benar. Contoh: 1bSetelah mengetik 1b jangan lupa tekan tombol kirim !otomatis ada balasan apakah jawaban kamu benar atau salah. Oke nomor satu selesaikerjakan nomor dua dan seterusnya sesuai langkah-langkah yang sudah dijalaskan sebelumnya!SELAMAT MENGERJAKAN !
  12. Siswa kemudian mengetik sesuai perintah yaitu mengetik dan mengirim angka 1. dan secara otomatis mendapat balasan berupa soal nomor satu yang kita buat. 
  13. Pada kolom A di bawahnya kita ketik nomor soal, dan di sampingnya, yaitu kolom B kita tulis soalnya. Yang perlu diperhatikan adalah Soal harus ditulis dalam satu kolom, Setelah selesai membuat pertanyaan, selanjutnya kita buat opsi A,B,C dan D. Untuk menulis dalam satu kolom, saat di akhir kalimat atau kata tekan tombol Alt dan tekan Enter pada keyboard, maka secara otomatis akan muncul baris baru, namun masih dalam satu kolom. 
  14. Untuk membuat kunci jawaban gunakan kolom di bawahnya pada kolom A, misal untuk nomor 1, kita tulis 1a, kolom di bawahnya lagi 1 b, dan seterusnya. 
  15. Disamping kunci jawaban , kita tulis Benar, silahkan ketik nomor berikutnya, untuk kunci jawabnnya, untuk jawaban yang salah kita tulis, Salah, silahkan ketik nomor berikutnya. Dapat di tulis dengan redaksi lain!
  16. Setelah siswa melihat soal, ia akan menjawab, dengan cara mengetik dan mengirim, misalnya mengetik jawaban b maka yang ia ketik adalah 1b, secara otomatis akan mendapat balasan, kemudian anak mengetik dan mengirim angka 2, untuk memunculkan soal no 2, dan seterusnya. 
  17. Untuk input tidak harus huruf kapital atau tebal, yang ditulis diatas hanya untuk menekankan penjelasan!
Setelah soal kita buat di spreadsheet, kita klik bagikan di pojok kanan atas, yang berwarna hijau


kemudian klik selesai yang warna biru

Sekarang kita sinkronkan Google Spreadsheet dengan aplikasi Whats app kita dengan aplikasi WhatsAuto, unduh whatsauto di playstore. 

Pengaturan di WhatsAuto


Setelah WhatsAuto terinstal di ponsel, kita atur , perhatikan gambar ! 
  1. klik di bagian kiri atas yang ada kotak empat
  2. kemudian klik Spreadsheet, bagian bawah kanan
  3. aktifkan sinkronisasi dengan menggeser ke kanan
  4. Klik Sinkronkan, yang ditengah warna hijau
  5. Tunggu sampai muncul seperti gambar bernomor 5, Kemudian klik spreadsheet yang akan kita jadikan soal online
  6. tunggu sampai ada pesan berhasil disinkronkan
  7. Klik kontak, disini pengaturan siapa saja yang dapat mengakses soal yang kita buat. Kemudian klik Daftar kontak (bagian bawah) pilih kontak peserta didik. 
  8. Selesai, tinggal menunggu hasil siswa mengerjakan !

Cara siswa mengerjakan soal online dengan Whats App

  1. siswa membuka aplikasi whats app, kemudian cari kontak bapak/ibu guru yang membuat soal (japri, istilahnya) bukan di grup!
  2. siswa menulis pesan dengan kata ujian (sesuai perintah pada kolom A di Google Spreadsheet yang dibuat oleh Bapak/Ibu Guru), cukup tulis UJIAN, besar kecil huruf tidak berbengaruh
  3. Maka otomatis akan muncul balasan dengan kalimat " Hari ini adalah ulangan kelas III, ketik : MULAI untuk memulai ujian" 
  4. kemudian siswa mengetik kata mulai, dan tekan kirim, maka beberapa saat akan mendapat balasan : Ulangan  mata pelajaran IPS ada 4 soal. Kerjakan secara urut ! dari nomor 1-5 !Untuk memunculkan soal ketik no soal misal 1, lalu  tekan tombol kirim, nanti akan muncul soal nomer satuBaca soal dengan teliti ! Untuk menjawab ketik nomor soal dan opsi yang menurut kamu benar. Contoh: 1b Setelah mengetik 1b jangan lupa tekan tombol kirim !otomatis ada balasan apakah jawaban kamu benar atau salah. Oke nomor satu selesaikerjakan nomor dua dan seterusnya sesuai langkah-langkah yang sudah dijalaskan sebelumnya!SELAMAT MENGERJAKAN !
  5. Siswa mengetik angka 1, lalu kirim, dan akan mendapat balasan berupa soal nomor satu
  6. Untuk menjawab soal nomor satu tulis 1a, atau 1b, 1c, atau 1b, yang dianggap benar, lalu tekan kirim, nanti akan mendapat balasan apakah jawabannya benar atau salah. 
  7. langkah selanjutnya menampilkan soal no dua seperti langkah no 5 diatas, dan seterusnya
Demikian tutorial sederhana membuat soal online dengan Whats App, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar!
Contoh Spreadsheet dapat dilihat  disini





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buat Soal Online di WA, Begini Caranya"

Post a Comment