Belajar Animasi dengan Pencil2D bagian 2

Membuat Animasi Bola Memantul dengan Pencil2D

Pada postingan belajar animasi dengan Pencil2D bagian 2 ini, kita akan belajar animasi bola jatuh dan memantul. Pencil2D merupakan aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk membuat animasi. Tampilan Pencil2D sangat sederhana, sehingga mudah untuk dipelajari bagi yang baru pertama kali dan berniat belajar animasi khususnya animasi dua dimensi. 
Untuk pengenalan aplikasi Pencil2D dapat dibaca pada postingan Belajar Animasi dengan Pencil2D bagian 1

Setelah kita mengetahui tool-tool dan fungsinya, kali ini kita akan belajar mempraktekan membuat animasi bola jatuh dan memantul. Dengan membuat animasi awal bola jatuh dan memantul ini, bagi yang baru belajar mengenal animasi akan mengetahui langkah-langkah membuat animasi. 

Buka pencil2D
Setelah terbuka, klik tombol + pada layer, untuk menambahkan layer baru, klik new bitmap layer. 
Kemudian akan muncul layer properties. layer ini kita jadikan sebagai background. Kita namai saja layer ini dengan background. 

geser dengan mendrag layer yang baru kita buat yaitu layer background dengan klik kiri  mause pada layer background dan tahan kemudian pindahkan di bawah layer vektor. 



Arahkah kursor pada layer background, kemudian klik pada area tersebut, sehingga pada lingkaran layer background tanda kehitaman. Artinya kita sedang berada pada stage atau kanvas background. Kemudian kita buat garis pada kanvas sebagai alas atau lantai. Gunakan pencil tool atau pen tool atau polylene tool untuk membuat alas dengan garis lurus. Pada contoh ini kita akan membuat dengan pen tool. Garis yang dibuat dengan pen tool atau pencil tool akan mengikuti gerakan mouse. 


Sekarang kita arahkan kursor ke bitmap layer, yang diatas vektor layer, klik. Artinya kita akan bekerja dilayer ini. Garis atau lantai yang sudah kita buat pada layer background akan kita liat tapi tidak dapat kita hapus, kita edit. Anggap saja layer adalah tumpukan kertas transparan. Setelah membuat alas pada kertas atau layer background, kita ambil kertas lagi diatasnya, kertas ini adalah layer bitmap yang sudah kita klik tadi. 

Di layer bitmap akan kita buat animasi bola jatuh. Kita sering melihat bola yang terlempar jatuh dan kemudian memantul. Coba kita perhatikan pergerakannya. 


Klik pada keys frame 1 yang berwarna orange, kemudian buatlah bola, yang berwarna hitam, kemudian klik + keys frame dua, tiga dan seterusnya kita buat bola yang pergerakannya jatuh. 


Perhatikan gambar kita, sedang berada di area keys frame 4, gambar bola pada keys frame sebelumnya berwarna merah, dan sesudahnya berwarna biru. Kita bisa melihat bola sebelum dan sesudahnya karena kita mengaktifkan Onion skin kolor red maupun blue. 


Berada pada keys frame 12

Berada pada keys frame 16
Hasil animasi yang sudah kita buat
Demikian cara membuat animasi bola jatuh dengan aplikasi pencil2D. Pada bagian berikutnya kita akan belajar membuat animasi dengan beberapa layer. 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Animasi dengan Pencil2D bagian 2"

Post a Comment