blog berisi artikel pendidikan kesehatan agama komputer otomotif seni sains

Materi Sejarah Kebudayaan Islam pada UAMBN MI Tahun Pelajaran 2012/2013 (indikator 1-15)

Mata Pelajaran                 : Sejarah Kebudyaan Islam
1.       Menentukan kebiasaan masyarakat Aarab pra Islam
Sebelum Islam datang masyarakat Arab telah mengenal adanya Tuhan. Hal ini karena sebelum Islam yang di bawa Nabi Muhammad datang, di Jazirah Arab telah diutus para rasul Allah.  Arab menurut bahasa disebut padang pasir. Memang benar kondisi jazirah arab berupa padang pasir yang tandus. Dengan keadaa geografis tersebut juga mempengaruhi kebiasaan masyarakat Arab dalam kehidupan sehari-hari.
Kebiasaan masarakat yang baik misalnya
a.       Hubuungan antar suku dalam masyarakat Arab sangat erat (solidaritas tinggi)
b.      Sesama suku saling tolong menolong
c.       Memenuhi janji
d.      Pantang mundur
e.      Kesederhanaan
Kebiasaan yang jelek pada masyarakat Arab misalnya
a.       Suka mencuri (terhadap suku yang lain)
b.      Sangat membenci anak perempuan (sampai dibunuh, bila mengetahui anaknya perempuan)
c.       Gemar mabuk mabukan
d.      Gemar berjudi
e.      Gemar membunuh
f.        Gemar berkelahi
2.       Menentukan kepercayaan masyarakat pra Islam
Dalam hal kepercayaan masyarakat Arab mempertuhankan, misalnya
a.       Berhala
Berhala adalah benda patung yang terbuat dari batu, kayu,logam dan lain sebagainya. Mereka memberi nama terhadap berhala berhala tersebut. Nama berhala itu adalah Mana, Latta, Uzza dan Hubal. Penyebar ajaran penyembah berhala adalah Amr bin Lubayyi.
b.      Malaikat
Masarakat Arab mempercayai bahwa malaikat adalah anak-anak perempuan dari Tuhan.
c.       Jin dan ruh
Masyarakat Arab juga mempertuhankan Jin dan Ruh sebagai Tuahan mereka.
d.      Mempertuahnkan benda benda langit
e.      Masyarakat Arab juga mengenal Agama Yahudi dan Nasrani
3.       Menentukan kejadian luaar biasa yang mengiringi kelahiran Nabi Muhammad SAW
Bahwa nabi Muhammas lahir hari senin, tanggal 12 Robiul Awal. Ada beberapa kejadian yang luar biasa sebelum maupun sesudah Nabi Muhammad lahir, antara lain:
a.       Ibunya Siti Aisyah saat mengandung tidak merasakan capai yang teramat sangat
b.      Saat lahir Muhammad dalam kondisi dikhitan
c.       Saat lahir pepohonan yang semula layu menjadi segar
d.      Terjadi penyerangan Ka’bah oleh pasukan Gajah yang dipimpin raja Aabrahah.
4.       Menentukan gelar Nabi Muhammad SAW pada peristiwa peletakan hajar aswad.
Masyarakat arab sudah lama menginginkan perbaikan Ka’bah. Namun mereka tidak berani, takut terkena murka Tuhan. Taatkala usia Nabi Muhammad 35 tahun, Ka’bah terjadi keruskan terkena air bah. Sehingga Hajar Aswad terlepas dari Ka’bah. Akhirnya Ka’bah diperbaiki yang dipimpin oleh Walid bin Mughiroh. Penduduk Mekah bergotong royong termasuk Nabi Muhammad.
Hajar Aswad yang terlepas hendak dipasang kembali. Namun terjadi perselisihan, diantara para pembesar Quraisy. Siapa yang paling berhak mengembalikan Hajar Aswad ke tempat semula. Huzaifah bin Mughiroh seorang yang berpengaruh mendinginkan suasana. Ia mengusulkan orang yang tepat meletakan Hajar Aaswad, yaitu orang yang esok hari lebih awal masuk MasjidilHaram dari pintu Bani Syaibah. Nabi Muhammad lah orang yang pertama masuk ke masjidilHaram. Kemudian beliau dipercaya meletakan Hajar Aswad.
Beliau meletakan kain putih panjang, kemudian Hajar Aswad diletakan ditengah-tengah. Masing-masing kepala Kabilah memegang dan mengangkat kain itu. Apa yang dilakukan Nabi, merupakan cara agar para kabilah tidak berselisih. Atas kecerdasan dan keadilan tersebut, Nabi muhammad mendapat gelar “ Al Amin” yang artinya orang yang dapat dipercaya
5.       Menentukan usia Nabi Muhammad SAW ketika menikah.
Nabi Muhammad menikah pada usia 25 tahun. Perempuan yang dinikahinya adalah Siti Khotijah.
6.       Menentukan masa nabi Muhammad SAW menerima wahyu.
Nabi muhammad menerima wahyu pada saat usia 40 tahun, 6 bulan, 8 hari. Surat pertama yang diwahyukan adalah surat Al-Alaq ayat 1 s.d 5. Beliu menerima wahyu yang dismapaikan oleh malaikat Jibril di Gua Hira . Keesokan harinya khotijah menemui seorang ahli kitab Waraqoh bin Naufal. Dari keterangan ahli kitah, disebutkan bahwa yang menemui Nabi adalah Malaikat Jibril, dan mengatakan bahwa Muhammad akan daiangkat  menjadi Nabi dan Rosul Allah. Empat puluh hari kemudian turun wahyu dua yaitu surat Al Muddassir ayat satu sampai tujuh.
Nabi Muhammad menerima wahyu pertama pada tanggal 17 Ramadhon 41 Fil. Bertepatan dengan 16 Februari 610M.
7.       Menentukan salah satu sebutan bagi para sahabat Nabi Muhammad SAW.
Golongan Sahabat Nabi yang masuk Islam pertama kali disebut Assabiqunal Awwalun.
8.       Menyebutkan golongan perempuan yang pertama kali masuk Islam
Dari golongan perempuan yang pertama kali masuk Islam adalah Siti Khotijah. Dari golongan tua adalah Abu Bakar Asidik r.a. dari golongan anak-anak adalah Ali bin Abi Tholib. Sedangkan dari golongan budak yang pertama kali masuk Islam adalah Zaid bin Haritsah
9.       Menyebutkan tempat yang digunakan Nabi Muhammad SAW untuk melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi.
Nabi melakukan dakwah secara sembunyi sembunyi di rumah Arqam bin Abil Arqam Al-Makhzumi.
10.   Menentukan dasar perintah berdakwah.
Setelah 3 tahun Nabi Muhammad berdakwah secara sembunyi-sembunyi, akhirnya Nabi Muhammad menerima wahyu yang memerintahkannya berdakwah secara terang-terangan. Dasarnya adalah Al Quran  surat Al Hijr ayat 94.
11.   Menyebutkan paman Nabi yang  menentang dakwah Nabi Muhammad.
Paman Nabi yang menentang dakwahnya adalah Abu Lahab. Mengenai penentangan dakwah Nabi secara terang-terangan oleh pamannya itu telah dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Lahab ayat 1-5.
12.   Mengidentifikasi sifat yang wajib dimiliki oleh Nabi dan Rasul Allah SWT.
Sifat-sifat yang wajib dimiliki oleh Nabi dan Rosul  adalah
a.       Sifat sidiq yang artinya benar
b.      Sifat amanah yang artinya dapat dipercaya
c.       Sifat fatonah yang artinya cerdas
d.      Sifat tablig yang artinya menyampaikan.
13.   Menentukan pengertian Isra’ atau Mi’raj yang dialami oleh Nabi Muhammad.
Pengertian Isra’ adalah perjalanan Nabi dari masjidil Haram di Mekah ke masjidil Aqso di Palestina. Sedangkan pengertian Mi’raj adalah perjalanan Nabi  dari masjidil Aqso diangkat ke Sidratul Muntaha di langit tujuh
14.   Menyebutkan hikmah peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad.
Hikmah dari peristiwa Isra Mi’raj adalah
a.       Menghibur Nabi Muhammad atas meninggalnya orang yang dicintainya, yaitu: Siti Khotijh dan pamannya Abu Tholib
b.      Menunjukan kebesaran Allah
c.       Awal perintah sholat lima waktu
15.   Menyebutkan sahabat yang mengikuti Nabi hijrah ke Taif
Sahabat Nabi Muhammad yang menemani adalah Zaid bin Haritsah
16.   Menyebutkan hikmah hijrah Nabi Muhammad ke Madinah
a)      Kaum muslimin dapat melepaskan diri dari cengkeraman kejahatan  kaum kafir Quraisy di Makah.
b)      Rasulullah SAW mampu menyatukan dua bangsa (kaum Muhajirin dan Ansor) dalam ikatan aqidah Islamiyah
c)       Agama Islam semakin kuat posisinya karena banyak pengikutnya.
d)      Kedatangan nabi Muhammad SAW di Madinah mengurangi pertikaian antar suku di Madinah  (suku Aus dan Khazroj)
e)      Kekuatan kaum muslimin mampu mengimbangi kaum Yahudi di Madinah.
f)       Agama Islam semakin diterima oleh masyarakat Yahudi maupun Nasrani karena unsur toleransinya tersebut.
g)      Agama Islam semakin berkembang
17.   Menyebutkan nama sahabat Nabi Muhammad yang menemani hijarah ke Madinah
Sahabat nabi yang menemani hijrah ke Madinah adalah Abu Bakar As-Sidiq
18.   Di mana Nabi Muhammad bersembunyi saat di kejar Qafir kuraisy?
Nabi bersembunyi di Gua Tsur.
19.   Upaya-upaya apa yang dilakukan Nabi ketika sampai di Madinah?
Upaya yang dilakukan Nabi ketika sampai di Madinah
Mempersatukan berbagai suku di Madinah
Mempersatukan sahabat muhajirin dan ansor
Membangun masjid (Masjid Nabawi)
Membuat Piagam Madinah
20.   Menyebutkan cara Nabi dalam membina kerukunan masyarakat Madiah
Dengan membuat Piagam Madinah
21.   Menentukan Peraturan yang berisi tentang prinsip-prinsip persamaan, persaudaraan dan perdamaian di Madinah
22.   Menentukan keadaan sosial kota Madinah sebelum Islam
23.   Menetukan fungsi lembaga /bangunan yang dibentuk oleh Nabi Muhammad
24.   Menjelaskan peristiwa Fathu Makkah
25.   Menentukan sahabat Nabi Muhammad SAW yang gugur pada peristiwa fathu makkah
26.   Menentukan wahyu yang turun saat akhir kenabian Nabi Muhammad SAW.
27.   Menentukan waktu wafatnya Nabi Muhammad SAW.
28.   Menjelaskan pengertian Khulafaur Rasydin
Arti menurut bahasa, kulafa artinya pemimpin, rosidyn artinya petunjuk
Arti menurut  istilah, pemimpin yang menggantikan Nabi Muhammad dan mendapat petunjuk dari Allah SWt
29.   Mengidentifikasi Khulafaur Rasidin
Dalam sejarahnya khulafaurrosidin ada empat, yaitu:
a.       Abu bakar, menjabat selama ± 2 tahun
b.      Umar bin Khotob, menjadi Kholifah selama ±10 tahun
c.       Utsman bin Affan, menjadi kholifah selama
d.      Ali bin Abi Tholib, menjadi khlofah selama
30.   Menentukan kebijakan khalifah Abu Bakar dalam berdakwah
Memerangi golongan yang keluar dair Islam (murtad), golongan yang tidak puas  dengan Islam sehingga muncullah orang-orang yang mengaku nabi, golonagan ketiga golongan yangv salah dalam memahami Islam.
Menaklukan Persia dan Syam di bawah panji Islam
Mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran. Ketua panitia pengumpulan Al Quran adalah Zaid bin Harits
31.   Menyebutkan gelar salah satu sahabat Khulafaur Rasidin
Gelar dari masing-masing khulafaur rosidin
a.       Abu Bakar bergelar As-Sidiq, yaitu membenarkan, hal ini karena Abu Bakar adalah orang yang pertama kali membenarkan kejadian Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
b.      Umar bin Khotob bergelar Al Faruk yang berarti Yang membenarkan, hal ini karena
c.       Utsman bin Affan begelar Dzunnurain, yang berarti Dua cahaya, hal ini karena Ia menikahi dua putri Nabi Muhammad, yaitu Ruqoyah dan Umi Kultsum
d.      Ali bin Abi Thalib, bergelar
32.   Menyebutkan Nama Dewan dan tugasnya yang dibentuk pada masa pemerintha khalifah Umar bin Khotob
33.   Menyebutkan jasa-jasa Khalifah Umar bin Khotob
Jasa-jasa khalifah Umar, yaitu :
a.         Membuat tahun Hijriah 
b.        Lamabng negara, yaitu bulan sabit.
c.         Membuat badan/dewan
d.      Membebaskan Baitul Maqdis dari kekuasaan Romawi. Baitul Maqdis adalah tempat Rossululah mengadakan Mi’roj ke Sidratul Muntaha.
e.      Memperluas wilayah ke dalam Islam
34.   Menyebutkan akhir masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khotob
Akhir daari kepemerintahan khalifah Umar bin Khotob ketika ia wafat. Beliau meninggal karena ditikam oleh Fairuz (Abu Lu’lu) karena dendam.
35.   Menjelaskan Silsilah Usman bi Afan

36.   Menjelaskan kehidupan Ustman bin Afan

Sebelum masuk Islam Usman bin Affan terkenal sebagai saudagar kaya raya. Setelah ia masuk Islam ia pernah mendermakan 950 ekor unta, 59 kuda, dan 1.000 dinar untuk keperluan pasukan Islam dalam perang Tabuk. Dan membeli sumur milik seorang yahudi  seharga 20.000 dinar, untuk keperluan kaum muslimin. Ia menikahi dua putri nabi, yang pertama Ruqoyah, saat perang Badar ruqoyah meninggal, kemudian Usman menikahi adik Ruqoyah yaitu Ummu Kultsum.
37.   Menyebutkan kebijakan/jasa Khalifah Usman bin Affan
Menumpas pendurhaka dan pemberontak.
Memperluas wilayah
Membukukan Al-Quran dengan diketuai Zait bin Tsabt
38.   Menjelaskan pemerintahan Ali bin Abi Tholib sebagai khalifah keempat
39.   Menjelaskan kehidupan Ali bin Abi Tholib
40.   Menjelaskan akhir kepemimpinan Ali bin Abi Thalib
41.   Menentukan nama kelompok yang muncul pada khalifah Ali bin Abi Tholib.
42.   Menentukan wilayah kepulauan tempat dakwah Walisongo
Walisongo menyebarkan islam di pulau jawa
43.   Menentukan nama wali songo yang berasal dari salah satu daerah
44.   Menentukan nama wali songo yang menyebarkan dengan media wayang.
Tag : PENDIDIKAN
0 Komentar untuk "Materi Sejarah Kebudayaan Islam pada UAMBN MI Tahun Pelajaran 2012/2013 (indikator 1-15)"

Herbal Zon | Mekar Hias | Area Kicau | Za ponsel | Info Dinas
Back To Top