Prosedur Perumusan Indikator Pembelajaran


Langkah awal guru dalam merancang prosedur pengajaran adalah
merupakan tujuan instruksional khusus (Indikator). Indikator pada dasarnya
merupakan rumusan tentang bentuk perilaku atau kemampuan- kemampuan
yang diharapkan dimiliki peserta didik setelah mereka mengikuti pengajaran.

Suatu rumusan Indikator tentang kemampuan- kemampuan yang harus
dimiliki peserta didik itu harus memenuhi syarat berikut:
Spesifik artinya mengandung satu penafsiran (tidak menimbulkan
penafsiran yang bermacam-macam).
Operasional artinya mengandung satu perilaku yang dapat diukur
untuk memudahkan penyusunan alat evaluasi.
Untuk memenuhi kriteria diatas, seorang guru harus memahami kata- kata
kerja operasional sebagai bentuk perilaku yang dapat dijadikan pegangan
dalam perumusan Indikator untuk kepentingan tersebut, dikenal klasifikasi
tujuan yang dikemukan Bloom dan kawan- kawan. Ia dan kawan- kawannya
mengklasifikasikan tujuan pengajaran itu kedalam tiga ranah, yaitu:
1. Ranah Kognitif/ Cognitive Domain
2. Ranah Afektif/ Affective Domain
3. Ranah Psikomotor/ Psychomotoric Domain
A. Tingkat Kemampuan Ranah Kognitif, Terdiri Dari:
1. Pengetahuan
2. Pemahaman
3. Penerapan
4. Analisis
5. Sintesis
6. Evaluasi
B. Ranah Afektif/ Affective Domain, Terdiri Dari:
1. Penerimaan
2. Tanggapan
3. Penilaian
4. Pengorganisasian
5. Karakteristik
C. Ranah Psikomotor/ Psychomotoric Domain, Terdiri Dari:
1. Persepsi
2. Kesiapan melakukan pekerjaan
3. Mekanisme
4. Respon terbimbing
5. Kemahiran
6. Adaptasi
7. Keaslian/ originasi
Bentuk perilaku yang dapat dipelajari atau diukur berdasarkan pendapat
Bloom dan kawan- kawan itu adalah
a. Ranah “Cognitive” (C)
1) Pengetahuan (C1)
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
Mengetahui istilah- istilah umum
Mengetahui hal- hal terinci
Mengetahui metode dan prosedur
Mengetahui konsep- konsep dasar
Mengetahui prinsip- prinsip
b) Istilah untuk Indikator
Mendefinisikan
Menggambarkan
Mengidentifikasi
Memberi nama
Menyusun daftar
Menamakan
Membuat garis besar
Menyatakan kembali
Memilih
Menyatakan
2) pemahaman
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
Memahami fakta dan prinsip
Menginterprestasikan bagan dan grafik
Mengubah bahan tulisan menjadi rumus matematika
Memperkirakan akibat- akibat yang akan datang yang tercantum dalam
data
Membenarkan metode dan prosedur
b) Istilah untuk Indikator
Mengubah
Mempertahankan
Memperkirakan
Menjelaskan
Menyatakan secara luas
Menyimpulkan
Memberi contoh
Menarik kesimpulan
Melukiskan dengan kata- kata sendiri
Meramalkan
Menuliskan kembali
Membuat rangkuman
3) Penerapan
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
Menetapkan konsep dan prinsip terhadap situasi- situasi baru
Menerapkan hukum dan teori pada situasi praktis
Memecahkan persoalan matematik
Mengkostruksi bagan dan grafik
Mendemonstrasikan penggunaan metode dan prosedur secara benar
b) Istilah untuk Indikator
Mengubah
Mendemonstrasikan
Mengungkapkan
Mengerjakan dengan teliti
Membuat modifikasi
Menjalankan
Meramalkan
Menghubungkan
Menunjukkan
Memecahkan
Menggunakan
4) Analisis
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
Mengenali anggapan yang tidak dinyatakan
Mengenali kesalahan logika dalam memberi alasan
Membedakan antara fakta dan kesimpulan
Mengevaluasi hubungan antara data- data
Menganalisis struktur organisasi suatu karya
b) Istilah untuk Indikator
Memecahkan
Menguraikan
Membuat diagram
Membeda- bedakan
Memisah- misahkan
Mengidentifikasi
Menggambarkan kesimpulan
Membuat garis besar
Menunjuk
Menghubungkan
Memilih
Memisahkan
Memerinci
5) Sintesis
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
Menulis suatu tema yang tersusun
Memberi ceramah yang tersusun baik
Menulis suatu naskah pendek yang kreatif
Mengusulkan suatu rencana untuk percobaan
Mengintegrasikan pelajaran dari berbagai bidang ke dalam suatu
rencana untuk memecahkan masalah
Merumuskan suatu bagan untuk menggolong- golongkan objek,
kejadian- kejadian atau pikiran
b) Istilah untuk Indikator
Menggolong- golongkan
Menggabungkan
Menghimpun
Menyusun
Menciptakan
Menciptakan rencana
Merancang
Menjelaskan
Membangkitkan
Membuat modifikasi
Mengorganisasi
Merencanakan kembali
Merevisi
Menulis kembali
Menyimpulkan
Menceritakan
Menulis
6) Evaluasi
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
Menimbang konsistensi logis dari bahan tertulis
Menimbang seberapa jauh suatu kesimpulan disokong oleh data
Menimbang nilai suatu karya dengan menggunakan kriteria intern
Menimbang nilai suatu karya dengan menggunakan tatapan luar yang
baik
b) Istilah untuk Indikator
Menilai
Membandingkan
Menyimpulkan
Mempertentangkan
Mengkritik
Menggambarkan
Membeda- bedakan
Menjelaskan
Mempertimbangkan kebenaran
Menginterpretasi
Menhubungkan
Menyimpulkan
Menyokong
b. Ranah “Affective” (A)
1) Kemauan Menerima
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
Mendengarkan dengan perhatian
Meningkatkan kesadaran akan pentingnya belajar
Menunjukkan sensitivitas akan keperluan dan persoalan- persoalan
masyarakat
Menerima berbagai kebiasaan
Menerima dengan baik segala aktivitas kelas
b) Istilah untuk Indikator
Bertanya
Memilih
Mengambarkan
Mengikuti
Memberi
Berpegang teguh
Mengidentifikasi
Melokalisasi
Memberi nama
Menunjuk
Menjawab
Menggunakan
2) Kemauan menanggapi
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
Melengapi pekerjaan rumah yang ditentukan
Mentaati peraturan- peraturan sekolah
Ikut serta dalam diskusi- diskusi sekolah
Melengkapi karya laboratorium
Sukarela melaksanakan tugas- tugas khusus
Menyukai menolong orang lain
b) Istilah untuk Indikator
Menjawab
Membantu
Menghimpun
Memperbincangkan
Menolong
Memberi nama
Mempertunjukkkan
Mempraktekkan
Membaca
Melaporkan
Memilih
Memberitahukan
Menuliskan
3) Berkeyakinan
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
Menunjukkan kepercayaan akan proses demokratisasi
Menghargai keputusan yang baik
Menghargai peranan pengetahuan dalam kehidupan sehari- hari
Menunjukan perhatian akan kesejahteraan orang lain
Menunjukan sikap akan pemecahan masalah
Menunjukan rasa wajib terhadap perbaikan masyarakat
b) Istilah untuk Indikator
Melengkapi
Menggambarkan
Membeda- bedakan
Menjelaskan
Mengikuti
Membentuk
Memprakarsai
Mengajak
Bekerjasama
Mempertimbangkan kebenaran
Mengusukan
Meleporkan
Memilih
Ikut serta
Mempelajari
Berkarya
4) Penerapan Karya
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
Mengenali perkara keseimbangan antara kebebasan dan
tanggungjawab dalam demokrasi
Mengenal peranan perencanaan yang sistematis dalam pemecahan
masalah
Menerima tanggungjawab bagi perlakunya sendiri
Memahami dan menerima kekuatan
Merumuskan rencana kehidupan yang selaras dengan kemampuan
perhatian dan keyakinan
b) Istilah untuk Indikator
Terikat
Menyusun
Mengubah
Mengkombinasikan
Membandingkan
Melengkapi
Mempertahankan
Menjelaskan
Menarik kesimpulan umum
Mengidentifikasi
Mengintegrasi
Membuat modifikasi
Menyusun
Mengorganisasi
Mempersiapkan
Menghubungkan
Membuat sintetis
5) Ketentuan/ ketelitian
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
Menunjukan keinsyafan yang benar
Menunjukan kepercayaan diri untuk bekerja sendiri
Mempraktekkan kerjasama dalam aktivitas golongan
Menggunakan langkah- langkah yang aktif dalam memecahkan
persoalan
Menunjukan ketekunan, ketelitian dan disiplin pribadi
b) Istilah untuk Indikator
Bertindak
Membeda- bedakan
Memperagakan
Mempengaruhi
Memdengarkan
Membuat modifikasi
Mempertunjukan
Mempraktekkan
Mengusulkan
Mencapai keahlian
Merevisi
Melayani
Memecahkan
Menggunakan
Memeriksa kebenaran
c. Ranah “Psychomotoric” (P)
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
Menuliskan dengan cermat dan teliti
Menggambarkan kembali dari suatu gambar
Mempersiapkan alat- alat laboratorium secara cepat dan tepat
Memperbaiki alat elekronik secara tepat dan benar
Mendemostrasikan cara- cara kerja yang benar
Mempertunjukan suatu keterampilan
Menciptakan cara- cara yang baru dari suatu pertunjukan
b) Istilah untuk Indikator
Mewujudkan
Membina
Menukar
Membersihkan
Menyusun
Menghubungkan
Melatih
Mengikuti
Membuat bagan
Melokalisasi
Mengikat
Mencampur
Menajamkan
Memanaskan
Mengerjakan dengan teliti
Menggunakan
Memulai

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Prosedur Perumusan Indikator Pembelajaran"

Post a Comment