Artikel Terkini

Indra Penglihatan (Mata)


Indra penglihatan ini diciptakan Tuhan agar kita bisa melihat. Indra penglihatan kita adalah mata. Dengan adanya mata, kita dapat melihat keadaan di lingkungan sekitar. Mata terletak di rongga mata pada wajah. Mata manusia berjumlah satu pasang, yang terletak di sebelah kanan dan kiri. Mata kita ini berbentuk bulat dan berdiameter kira-kira 25 mm. Cara kerja mata sangat bergantung kepada cahaya. Jika cahaya masuk ke mata, maka mata dapat melihat. Jika tidak ada cahaya, maka mata kita tidak dapat melihat.

Bagian-bagian Mata
Mata terdiri atas dua bagian, yaitu bagian luar mata dan bagian dalam mata. Bagian luar mata dapat terlihat oleh kita. Namun, bagian dalam mata tidak dapat dilihat.
 Bagian luar mata
Mata memiliki alat-alat pelindung agar tidak rusak terkena cahaya matahari maupun udara. Bagian pelindung mata terdiri dari alis, kelopak mata, dan bulu mata.
• Alis berada di atas mata. Alis berfungsi sebagai penahan keringat agar tidak masuk ke mata.
• Kelopak mata membantu mata ketika terpejam atau berkedip. Tujuan mata terpejam adalah agar mata bisa beristirahat. Adapun mata berkedip bertujuan untuk menjaga mata agar tetap lembap dan juga mendorong kotoran keluar dari mata.
• Bulu mata berfungsi sebagai pelindung mata dari cahaya matahari agar mata tidak silau

 Bagian dalam mata
Kita dapat melihat   benda karena benda itu memantulkan cahaya atau sinar   ke mata kita.   Bagaimana caranya? Mata kita yang tampak dari luar berupa bulatan putih dengan bagian tengah yang bulat dan seringkali berwarna hitam ternyata memiliki bagian-bagian. Bagianbagian bola mata itu adalah :
1.  Selaput tanduk (kornea) yaitu selaput bening di bagian depan bola  mata yang berguna untuk melewatkan cahaya yang masuk dari luar.
2.  Selaput pelangi (iris) adalah bagian mata yang mengandung zat  warna (hitam, cokelat, hijau, atau biru).
3.  Anak mata (pupil) yaitu lubang pada bagian tengah iris yang berguna  dalam mengatur besar kecilnya cahaya yang masuk.
4.  Lensa mata, dapat menjadi cembung atau pipih berguna dalam  mengatur pembentukan bayangan.
5.  Selaput keras (sklera) yaitu bagian terluar dari bola mata yang berguna  untuk melindungi bagian dalam bola mata.
6.  Selaput koroid yaitu bagian tengah bola mata yang berupa selaput  tipis, di dalamnya terdapat banyak saluran darah. Berwarna cokelat  karena banyak mengandung zat warna (pigmen).
7.  Selaput jala (retina) yaitu bagian terdalam dari bola mata, berguna  untuk menangkap bayangan.
8.  Bintik kuning yaitu daerah yang sangat mudah menerima cahaya yang  masuk.

Menjaga Kesehatan Mata
Mata sangat berharga bagi kita. Oleh karena itu jangan sampai rusak atau sakit. Bagaimana agar mata kita tetap sehat? Beberapa contoh cara merawat atau memelihara mata sebagai indra penglihat adalah :
a.  Biasakan membaca buku dengan sikap  tubuh tegak dengan jarak antara buku  yang dibaca kurang lebih  30 cm.  Jangan  biasakan  membaca  buku  sambil tiduran, karena akan meng- akibatkan kelainan pada mata kita.
b.  Bila kita sedang membaca buku atau  melihat suatu benda tiba-tiba menjadi  buram, maka segera periksakan ke  dokter mata.
c.  Jika terasa gatal-gatal pada bagian  mata atau mata memerah, segera tetesidengan obat tetes mata (mintalah bantuan orang tuamu atau orang dewasa lainnya)
d.  Biasakanlah memakan makanan yang banyak mengandung provi- tamin A, seperti sayuran dan buah-buahan.

Gangguan pada Mata
Gangguan pada mata di antaranya adalah rabun jauh atau miopi (tidak dapat melihat benda dari jarak jauh), rabun dekat atau hipermetropi (tidak dapat melihat benda dari jarak dekat) dan mata tua atau presbiopi (tidak dapat melihat benda dari jarak jauh maupun dekat). Cara menanggulanginya harus dengan menggunakan kaca mata.
Post a Comment

visitor

Follow by Email

Wikipedia

Search results