Indra Pendengar (Telinga)


Indra Pendengar
Kita dapat mendengar suatu bunyi dari sekitar kita karena adanya bunyi/suara yang masuk melalui telinga kita. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Cobalah tutup telingamu dengan kedua tangan. Apakah kamu dapat mendengar? Tentu kamu tidak dapat mendengar. Apa saja bagian-bagian telinga itu sehingga kita bisa mendengar?
Mari kita pelajari uraian di bawah ini.
1.  Telinga luar terdiri dari daun telinga, lubang telinga, saluran telinga,  selaput gendang telinga, dan kelenjar minyak. Telinga luar berguna  untuk menangkap bunyi/suara dari luar.
2.  Telinga tengah berupa rongga yang di dalamnya ada saluran  Eustachius dan tulang-tulang   pendengar yaitu tulang martil, tulang  landasan dan tulang sanggurdi. Saluran Eustachius menghubungkan  rongga telinga tengah dengan mulut, sedangkan tulang-tulang  pendengar berguna untuk meneruskan getaran bunyi dari telinga luar  ke telinga dalam.
3.  Telinga dalam terdiri dari tingkap jorong, tingkap bundar, tiga saluran  setengah lingkaran, saluran rumah siput, dan alat keseimbangan.  Telinga dalam berguna untuk menerima getaran bunyi/suara yang  diterima dari telinga tengah.  Setelah kamu mengetahui bagian-bagian telinga dan fungsinya, sekarang kamu dapat membayangkan bagaimana jika telinga rusak.  Tentu kita akan sulit mendengar bahkan tidak dapat mendengar sama  sekali atau sering disebut tuli. Oleh karena itu, marilah kita rawat dan pelihara telinga dengan baik, contohnya :
-Bersihkan kotoran yang terdapat di bagian telinga luar dengan kapas  basah yang hangat. Janganlah menggunakan benda tajam ketika  membersihkan telinga luar itu, karena bisa terkena infeksi bila  tertusuk.
-Apabila terjadi infeksi bagian telinga tengah akibat kena tusukan  benda tajam atau kemasukan air, maka segera periksakan ke dokter.
-Janganlah memakan obat seperti pil kina berlebihan, karena dapat  mengganggu alat pendengar.
-Bila ada suara memekakkan telinga segera tutup kedua lubang telinga agar gendang telinga tidak rusak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Indra Pendengar (Telinga)"

Post a Comment