Garam-Garam Mineral


Garam-Garam Mineral
garam garam mineral dibutuhkan dalam tubuh, baik  secarta sendiri-sendiri maupun secara golongana antar unsur. Kalium dan  magnesium diperlukan unutk mengerutan otot. Perimbanagna tertentu antara natrium dan ion tertentu juga diperlukan di dalam sl saraf. Adanya natrium di dalam sel darah merah ddan kalium di plasma diperlukan untuk pertukaran gas. kalsium besi dan iodium telah diketahui kegunanannya dan bila kekurangan akan menimbulkan penyakit defisiensi tertentu. Kalsium sangat di perlukan dalam pertumbuhan tulang dan gigi, dan penggumpalan darah. kalsium fosfat berguna mengeraskan tulang. eneri dari fosfat (adenosin trifosfat) perlu di masukan dalam inti sel pada proses pembentukan gen dan dimasukan pada miosin dalam proses pengeerutan otot atau dimasukan ke dalam akson pada rangsangan saraf.
Di bawah ini uraian mengenai kegunaan tiap mineral
1 Kapur
Keguanaan kapur dalam tubuh aalah untuk :
a. membentuk matriks tulang; pembentukamn ini dipengaruhi pula oleh vitamin D2dan fosfor
b. Membantu proses penggumpalan daarah
c. mempengaruhi penerimaan rangsang pada otot dan saraf.
Kalsium yang diperlukan oleh tubuh berasal dari makann dan disimpan dalam tulang, yaitu bagian tulang spons. Penggunaan kapur di dalam tubuh diatur oleh kelenjar endokrin, misalnya parathormon yang menbgatur adar kapur dalam darah. kekeurangan ion kapur dalam rdarh dapat menimbulkan kekekjangan. Kapur juga berguna sebagai akselerator dalam proses pembekuan darah.
Banyaknya kapur yang diperlukan oleh tubuh orang dewasa adalah 0,8 gram sehari. pada anak yang masih dalam pertumbuhan badan dan ibu yang sedang hamil, kebutuhan kapur ini akan naik. Bahan makanan yang banyak mengandung kapur adalah susu, mentega, telur, dan buah kacaang-kacangan.
2. Fosfor
Fosfor di perlukan dalam tubuh untuk;
a. mempengaruhi semua proses perombakan dan pembentukan zat.
b. membentuk fofatid, yakni bagian penting dari plasma.
c. membelah inti sel dan memindahkan sifat-sifst keturunan
d. membentuk matrik tulang (bersama-sama dengan kapur)
e. membantu proses pengerutan otot.
            Dalam daarah, kalsium dan fosfor mempunyai imbangan tertentu, yang diatur oleh kelenjar anak gondok. Bahan makanan yang mengandung fosfor adalah jagung, ikan, dan kacang-kacangan. Dalam sehari tubuh memerlukan 1 mg fosfor.
3. Besi
Keguanaan zat besi dalam tubuh adalah sebagai
a. komponen dalam fermen sitokrom yang penting dalam pernapasan
b. komponmen dalam hemoglobbin yang penting dalam mengikat oksigen dalam sel darah merah.
            Penyerapan zat besi dipermudah oleh asam klorida dalam lambung. Daging dan   ikan mengandung zat besi, tetapi tdak mudah diserap ke dalam darah. Bahan makanan yang banyak mengandng zat besi adalah sayur-sayuran. Dalam sehari tubuh memerlukan 15 sampai 30 mg zat besi.
4. Fluor
Fluor diperlukan untuk menguatkan gigi. Bahan makanan yang banyak mengandung fluor adalah kuning telur, susu, dan otak.
5. Iodium
Iodium terdapat di dalam tiroksin. Kekurangan iodium sebelum bayi lahir dapat mengurangi daya pendengaran. Kekeurangan iodium bagi bayi yang sudah lahir akan menimbulkam pembekakan gondok. Makanan orang yang tinggal di daerah raa-rawa perlu di tambahkan garam iodium. Bhan makanan yang mengandung iodium adalah ikan laut, tiram, kerang, dan ikan kering.
6Natrium dan Klor
Natrium dan Klor yang masuk dalam tubuh berupa garam dapur. dalam tubuh, kedua zat ini diperlukan untuk pembentukan asam klorida. Dalam sehari tubuh memerlukan 15-30 gram natrium dan klor.
7. Vitamin
Vitamin  adalah senyawa kimia yang terdapat dalam makanan dan sangat diperlukan tubuh dan tidak sebagai penghasil tenaga.           

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Garam-Garam Mineral"

Post a Comment