Artikel Terkini

Manfaat Jamur Dalam kehidupan Manusia


Fungi atau biasa kita sebut jamur adalah organisme heterotrof. Artinya seluruh kebutuhan makanannya di peroleh dari orgaisme lain. Baik langsung dari organisme lain (parasit) maupun dari sisa makanan organisme lain (saprofit). Walupun demikian, tidak semua jamur merugikan organisme lain. Bagi manusia jamur memiliki peranan  yang penting. Selain merugikan disatu sisi,  jamur dapat pula menguntungkan bagi manusia. Jenis- jenis jamur banyak dimanfatkan manusia dalam berbagai bidang.
a.       Di bidang industri makanan dan minuman.
1). Rhizopus oryzae. Jamur ini tumbuh dan mengaitkan butir-butir bungkil atau kedelai menjadi tempe. Siapa yang belum pernah makan tempe? Barangkali umumnya orang Indonesia pasti sudah mencicipi makanan yang bernama tempe. Rizopus dapat mengubah amilum dalam kedelai menjadi gula dan dapat memecah protein dan lemak yang ada di dalam sel-sel kedelai dan  kacang, sehingga tempe itu mudah di cerna oleh pencernaan kita.
2).saccharomyces. Sering disebut khamir atau yeast. Jenisnya banyak, antara lain saccharomyces cerevisiae dan saccharomyces ovale. Keduanya dimanfatkan untuk membuat tape, alkohol atau roti. Sedang saccharomyces sake digunakan untuk membuat sake (minuman khas jepang) .
Dalam keadaan anaerob, bila subtracnya mengandung senyawa karbohidrat, saccharomyces akan menghasilkan fermen, yang dapat mengubah gula menjadi alkohol +CO2 dengan membebaskan senyawa energi.
b.      Di bidang Indstri
Rhizopus nigricans, merupakan jenis jamur yang dapat dipergunakan untuk prodksi asam fumarat. Sedang Rhizopus nodusus dapat diperguanakn untuk produksi asam laktat.
c.       Di Bidang Kedokteran
Penicilium notatum dan Penicillium chrysogenum adalah  jenis jamur yang menghasilkan penisilin, yaitu zat antibiotik. Alexander Fleming adalah orang yang menemukan zat antibiotik tersebut. Higroporus dan Lycoperdon perlatum berguna sebagai dekomposer.
d.      Di Bidang Pertanian
Jamur sebagai organisme saprofit sangat penting guna kesuburan tanah. Jamur-jamur saprofit menghancurkan kayu-kayu dan daun-dedaunan sehingga menjadi mineral kembali.
Jenis aspergillus wentii di manfaatkan untuk membuat kecap. Aspergillus oryzae digunakan untuk  pembuatan tape. Penicillium camemberti dan penicillium roqueforti banyak digunakan untuk meningkatkan kulitas keju. Jenis volvariella vovalcea atau biasa disebut dengan  jamur merang dimanfaatkan untuk makanan. Jenis jamur ini banyak mengandung lemak dan glikogen.
Itulah beberapa manfaat jamur  bagi manusia. Sebetulnya masih banyak  jenis jamur lain yang bermanfaat selain diatas. Anda juga bisa membaca Kerugian Jamur Bagi Manusia

Post a Comment

My Blog List

Wikipedia

Search results

Follow by Email

visitor