blog berisi artikel pendidikan, kesehatan, agama, komputer,otomotif, seni, sains

Alat Pernafasan Manusia

Alat Pernafasan
Bernafas merupakan kegiatan menghisap oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. dan juga uap air melalui alat pernafasan. Sebagai bukti, kamu bisa melakukan percobaan, hembuskanlah nafasmu kedalam air kapur. Adanya karbondioksida sebagai zat sisa pernafasan ditunjukan dengan keruhnya air kapur setelah di hembus. Serta sebagai bukti adanya uap air, kamu dapat melaksanakan percobaan ini. hembuskan nafasmu di cermin atau kaca. Adanya uap air ditujukan dengan buramnya permukaan cermin/kaca.
Alat Pernafasan Manusia
Alat pernafasan manusia terdiri atas hidung, pangkal tenggorok (laring), batang tenggorok ( trakea , cabang batang tenggorok (bronkus), dan paru-paru. Di dalam paru-paru bronkus bercabang-cabang lagi. Cabang bronkus disebut bronkiolus. Bronkiolus berakir pada gelembung paru-paru (alveolus). Hidung terletak di bagian wajah, tenggorokan terletak di leher,  dan paru-paru terletak di dalam rongga dada.
1. Hidung
Lubang hidung berfungsi sebagai jalan untuk keluar masuk udara. Udara juga dapat keluar masuk mulut. Namun, bernafas melalui hidung lebih baik daripaada melalui mulut. Mengapa demikian, karena lubang hidung terdapat lendir dan rambut-rambut halus. Rambut -rambut halus berfungsi untuk menyaring udara yang mengandung debu, kotoran, dan kuman penyakit. Selaput lender berfungsi untuk mengatur suhu udara yang akan masuk ke paru-paru dan mengatur kelembaban udara agar sesuai dengan suhu tubuh.
2. Batang Tenggorok
Pada dinding tenggorok bagian dalam terdapat selaput lendir dan rambut - rambut halus yang selalu bergetar. Selaput lendir dan rambut-rambut halus itulah yang berfugsi menyaring benda-benda kotor.
Pada ujung batang tenggorok terdapat percabangan. Percabangan itu menghubungkan batang tenggorok dengan paru-paru kiri dan paru-paru kanan.
3. Paru - Paru
Udara masuk ke paru-paru melalui cabang tenggorok atau bronkus. Para-paru terletak didalam rongga dada. Didalam paru-paru, bronkus bercabang cabang lagi. Cabang bronkus disebut bronkiolu. Ujung bronkiolus berujung pada gelembung udara yang disebut alveolus. di alveolus inilah pertukaran oksigen dengan karbondioksida.                                                                                                                        
Tag : PENDIDIKAN
0 Komentar untuk "Alat Pernafasan Manusia"

Back To Top